Always be Joyful, Never Stop Praying ~ 1 Thessalonians 5:16-17


Apa itu SPF? Menganal lebih dekat tentang SPF

Apa itu SPF? Apa sih kegunaannya? Katanya bisa bikin kulit jadi putih ya? Trus kok angkanya beda beda? Banyak banget yang belum mengerti apa itu SPF, apakah semakin besar angka SPF nya maka semakin bagus? Semua akan kita kupas disini setajam sinar matahari.. hahaaha.. #lebay
Biar ga pusing dan salah kaprah, yuk kita bahas disini tentang SPF yang sering kita lihat di kemasan kosmetik dan skincare. 

SPF
SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yaitu satuan yang menyatakan berapa lama sunblock, makeup, atau skincare dapat melindungi kita dari paparan sinar matahari.
Oohh.. jadi pengertian SPF sebagai perisai melindungi matahari benar dong? Yuppss.. benar sekali tapi kita juga harus tau nih ada 3 jenis radiasi matahari yaitu UVA, UVB, dan UVC.

Perbedaan UVA, UVB, dan UVC

UVA (Ultraviolet A)
UVA adalah sinar yang mengakibatkan penuaan pada kulit serta dapat menyebabkan kanker kulit. Tanpa perlindungan UVA kulit akan menjadi cepat keriput. UVA biasanya tidak panas jika terkena kulit, tapi dapat menembus lapisan kulit dalam dan dapat merusak sel kulit yang mengakibatkan kangker kulit.
UVB (Ultraviolet B)
UVB adalah sinar yang dapat membuat kulit terbakar. Biasanya terasa sangat panas dan menimbulkan kemerahan dikulit. Sinar ini hanya sampai pada lapisan luar kulit atau disebut epidermis.
UVC (Ultraviolet C)
UVC adalah komponen sinar UV yang paling berbahaya. Sinar ini dapat menyebabkan keruasakan yang paling beaar. Untungnya, sinar UVC diblok lapisan ozon, sehingga tidak bisa sampai ke bumi. 
Tapi jika ozon bolong, tidak tertutup kemungkinan UVC masuk ke bumi. Jadi kita harus menjaga ozon kita dengan baik.. 
Hidup ozon...🙌 Hidup ozon...🙌 Hidup ozon dan bumi...🙌 
So yang perlu kita perhatikan adalah UVB dan UVA, penanganan untuk kedua sinar ini berbeda. Jadi kita harus selektif memilih sunblock, skincare atau kosmetik, pilih yang ada UVA / UVB protection nya.


Arti Angka xxSPF

Sekarang kita bahas mengenai angka atau nilai SPF nya. Perhitungannya seperti ini:
Misalnya 15SPF, maka akan melindungi kulit sebanyak 15X lebih lama dari biasanya. 
Kalau dirata ratakan ketahanan kulit manusia bertahan selama ± 10menit terpapar matahari secara terus menerus, jadi:
15SPF= 15 X 10 menit = 150 menit atau 2 jam 30 menit.
Jika waktunya sudah habis, sunblock harus dioles lagi. Jadi perbedaan nilai SPF yang besar dan yang kecil fungsinya sama saja hanya perbedaan jangka waktunya.
TAPI ada beberapa pihak yang tidak setuju mengenai perhitungan dan pengertian fungsi SPF diatas.
Nilai SPF yang tertera merupakan besar kekuatan SPF untuk memblok radiasi dari sinar UV. Jadi semakin besar nilai SPF nya maka semakin besar kekuatan memblok radiasi sinar UV.
Sebenarnya sedikit takut membahas tentang SPF, takut menyesatkan hahah.. karena aku sendiri bukanlah pakar kulit atau pakar kecantikan. Okelah kita ambil garis tengahnya: semakin besar nilai SPFnya maka semakin lama dan semakin kuat perlindungannya untuk memblok radiasi UV.

SPF bisa bikin kulit putih? 
Ga, SPF membantu untuk melindungi kulit agar tidak terbakar dibawah sinar matahari dan dapat menghambat pigmentasi, jadi bukan zat pencerah atau pemutih. American Academy of Dermatology merekomendasikan setiap orang memakai produk dengan SPF minimal 15 SPF. Tapi jangan takut, kulit orang Indonesia itu unik karena kulit orang Indonesia memiliki kadar melanin atau zat warna kulit yang cukup jadi ga terlalu perlu menggunakan SPF yang tinggi. 
SPF yang tinggi biasa diperuntukan untuk orang berkulit sensitif atau kulit cerah. Kulit sensitif dan cerah mudah sekali terbakar dan mengalami pigmentasi.
Banyak orang ingin memiliki kulit yang cantik, contoh caranya dengan mengaplas atau mengikis kulit, alhasil kulit jadi rusak sehingga kulit sulit menangkal radiasi dari sinar matahari, disinilah SPF berperan.
 “Tabir surya dengan SPF 60 sudah cukup dan aman digunakan sehari-hari. Tapi, jika Anda memiliki karakter kulit bawaan dengan kecenderungan pigmentasi yang cepat, maka dapat memilih SPF 75-90 untuk sesekali saat beraktivitas yang terkena sinar matahari langsung terus menerus,” terang dr. Riska Melani dari Euroskinlab, Jakarta Selatan.
Hemmmm..😏 menurut aku, kembali lagi ke uniknya kulit orang Indonesia, jadi ga perlu terlalu khawatir, 17SPF sudah cukup. Harus kenali jenis kulit sendiri dengan baik.

Memakai berbagai produk SPF sekaligus

Waw.. memakai beberapa produk berSPF tidak akan menambah nilai SPF. Misalnya kita menggunakan pelembab dengan 10SPF kemudian menggunakan makeup base 35SPF lalu kita pakai BB cream 15SPF maka yang akan memblok adalah nilai SPF tertinggi, yaitu 35SPF. 
Menggunakannya produk tersebut juga harus benar agar tidak tertumpuk dan mempengaruhi kadar SPFnya bahkan malah jadi berkurang. 
Caranya biarkan produk meresap ke kulit dulu lalu timpa dengan produk yang lainnya.
Oh ya.. hampir aja lupa, yang dilindungi oleh SPF adalah UVB saja, so.. kalau ada produk berlabel XX SPF / PA ++ dan tidak ada tercantum UVB nya, itu sama aja, boleh dicoba tuh produknya. Untuk kadar PA, semakin banyak plusnya (+), maka semakin baik. Semakin tinggi SPFnya maka cream akan semakin pekat dan sulit dibaurkan lo..

Manfaat SPF

1. Menjaga kelembaban kulit
2. Mencegah terjadinya kulit terbakar, iritasi kulit, kulit kering, dan pecah pecah
3. Menjaga kesehatan kulit
4. Melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet
5. Mencegah terjadinya berbagai penyakit akibat terpapar sinar matahari
6. Membantu penyerapan nutrisi pada kulit, nah ini nih penting, banyak yang beranggapan kalau kulitnya ga bisa cerah, mungkin memang karena gennya, atau mungkin karena salah menggunakannya. Misalnya kita menggunakan produk pencerah, jangan lupa pakai produk yang mengandung SPF dan PA nya agar vitamin dan kinerja skincare lebih optimal. SPF ga menjamin melindungi kulit 100%, so tetap.. jangan panas-panasan ya.. hihihi..

Lumayan panjang ya.. hehe.. aku hanyalah beauty bloger, jadi aku akan sangat senang dan terharu jika teman teman mau mengoreksi tulisanku atau menambahkan beberapa info yang kurang.
Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Hahaha.. oklah.. sampai disini dulu postku.. bye..😋
Trims udah baca blogku

0 komentar:

Post a Comment